Supervisi pembelajaran merupakan rutinitas yang dilakukan Kepala Sekolah sebagai salah satu agenda rutin. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran guru di kelas. Apakah guru melakukan pembukaan, bagaimana manajemen waktu, penguasaan kelas, dan poin penilaian lainnya. Kegiatan supervisi mudah dilakukan jika proses belajar mengajar adalah tatap muka seperti biasanya..



Tetapi pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring. Proses pembelajaran dari berbeda dengan tatap muka. Sehingga kegiatan supervisi yang dilakukan berbeda dari biasanya. Jika pembelajaran daring dilakukan secara sinkronus akan lebih mudah dilakukan supervisi. Kepala Sekolah atau TIM bisa langsung masuk ke dalam pembelajaran sebagai bintang tamu. Tetapi tantangan supervisi daring menggunakan sinkronus lebih mudah daripada menggunakan asinkronus.
 
Pada pembelajaran asinkronis perlu adanya desain penilaian yang dapat memfasilitasi kebutuhan guru dan PTK. Penghujung tahun sudah didepan mata dan kegiatan Penilaian Kinerja Guru harus dilaksanakan. Pastinya setiap sekolah memiliki tips dan trik untuk dapat mendapatkan tandatangan kabis PTK atau Kepala Dinas Pendidikan.

Post a Comment

Powered by Blogger.