Projek Kearifan Lokal merupakan salah satu dati 3 tema yang dipilih pada fase E Kurikulum Merdeka di SMAN 2 OKU. Pada pelaksanaannya murid diarahkan untuk melakukan serangkaian kegiatan agar dimensi dari Profil Pelajar Pancasila dapat berkembang sesuai harapan. Seperti salah satunya Dimensi bernalar kritis. Murid diharapkan dapat mengidentifikasi, menganalisis dan mengolah informasi dan gagasan. Sehingga diharapkan pada akhir fase murid dapat secara kritis mengidentfikasi serta menganalisis gagasan serta informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis. 

Untuk itu pada pelaksanaannya murid memerlukan kegiatan dimana dirinya dapat mengidentifikasi dan menganalisis kearifan lokal yang ada. Peta Budaya merupakan salah satu fitur pendukung dari portal Rumah Belajar yang digunakan dalam mendukung kegiatan murid pada bagian ini. Pada Peta Budaya murid bisa menemukan berbagai budaya di Indonesia dan ragam keunikan lainnya. Sehingga murid dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai ragam kearifan lokal yang ada. Hasil ini dikombinasi dengan wawancara terhadap rekan sebaya, kakak kelas dan para guru terkait kearifan lokal masing-masing akan didapatkan suatu informasi yang lengkap. Hingga akhirnya setelah proses tersebut dilakukan murid dapat memprioritaskan suatu gagasan. 

Setelah mendapatkan suatu gagasan untuk ditindaklanjuti dan dianalisis sehingga murid mendapatkan suatu karya untuk dipresentasikan. Kumpulan karya murid dilaporkan dalam format portofolio digital sehingga hal ini akan menjadi lebih dekat dengan teknologi. Upaya ini diwujudkan dalam rangka membentuk ekosistem digital di sekolah.  

Silahkan klik link berikut untuk memberikan umpan balik karya saya di PMM  https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/143449. Untuk proses kegiatan projek kearifan lokal dan pameran karya bisa disimak pada video berikut.


Post a Comment

Powered by Blogger.