Webinar SMART-ID (Strategi Mendukung Adopsi Pembelajaran Berdiferensiasi ini dilaksanakan sesuai jadwal yaitu hari Selasa 17 Oktober 2023. Kegiatan ini dilakukan melalui Komunitas Belajar PMM "Sahabat PembaTIK". Pembicara pada webinar merupakan kolaborasi dari tiga Sahabat Teknologi yaitu Randy Oktari (Sahabat teknologi OKU Selatan), Rani Nawang Sari (Sahabat Teknologi OKU) dan Febri Sulih Pambudi (Sahabat Teknologi dari Musi Rawas Utara). Webinar ini dibuka oleh Kepala Balai Guru Penggerak Sumatra Selatan ibu Dra. Ohorella Erma, M.Ikom. Pada kesempetan ini beliau berpesan untuk menghadirkan pembelajaran berdiferensiasi kepada anak agar bisa mengakomodir potensi yang berbeda-beda dari mereka.


Sebagai pembicara pertama Rani Nawang Sari dengan praktik baiknya PROFILATEK (Project Based Learning Lateks dengan Teknologi). Disini bu Rani memaparkan praktik baik yang dilakukan dengan melakukan metode Projek Based Learning pada pembelajaran Kimia dengan pendekatan kontekstual dan STEAM. Dimana tugas anak disampaikan melalui googel Classroom dan laporan projek dibuat dalam bentuk infografis/poster menggunakan canva for education yang memanfaatkan akun belajar.id. Selanjutnya Bapak Febri Sulih Pambudi mendapatkan giliran kedua menyampaikan praktik baik Pembelajaran Kimia Menarik dan Berdifferensiasi dengan TIK. Beliau membagikan praktik baik pembuatan microsite dengan menggunakan Google slide yang memanfaatkan akun belajar.id. Pada bagian akhir bapak Randy Oktari menyampaikan praktik baik yang berjudul BERBATIK MAPAN (Pembelajaran Bahasa INGGRIS berbasis TIK dengan MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF menyenangkan dan ramah jaringan).

Setelah sesi pemaparan praktik baik, dibuka sesi tanya jawab. Peserta terlihat antusias dan mengajukan beberapa pertanyaan. Antara lain pertanyaan dari Bapak Wisnu Nata bagaimana membuka file yang didownload melalui chromebook agar dapat dibuka dengan aplikasi Ms Word. Lalu Saya menjawab bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan karena Chromebook memiliki Google Docs yang sudah terintegrasi. Sedangkan Ms Word tidak terintegrasi dengan Chromebook. Sehingga bapak Wisnu Nata cukup membuka file dari chromebook dan membiasakan diri dengan google docs baik secara online maupun offline.

Berikut video berbagi praktik baik dalam Webinar SMART-ID



DOKUMENTASI KEGIATAN






DAFTAR HADIR KEGIATAN


Post a Comment

Powered by Blogger.