Setelah melalui seleksi yang luar biasa akhirnya saya dinyatakan lululs dan berhak untuk mengikuti pembekalan fasilitator guru penggerak angkatan 8. Pembekalan ini berlangsung dari tanggal 28 Mei sampai dengan tanggal 11 Juni 2022. Pembekalan berlangsung secara online melalui aplikasi zoom untuk pleno dan google meet untuk kelas diskusi. 

Saat pembekalan kami dibagi kedalam beberapa kelompok. Saya masuk dalam kelompok G berjumlah 30 orang dari provinsi yang ada di Indonesia seperti Jawa Barat, Aceh, Sulawesi Tengah, Sumatra Utara, Bali, Kalimantan Timur, Riau, dan banyak lagi lainnya. Setelah bergabung di kelompok G, maka kami dibagi lagi dalam kelompok kecil berjumlah lima sampai enam orang untuk melakukan diskusi dan bedah modul panduan fasilitator sehingga kami menjadi tau ada tugas pokok seorang Fasilitator..



Selain itu kami juga belajar berbagai fitur Learning Management System yang nanti akan digunakan oleh Calon Guru Penggerak (CGP) dalam menyelesaikan Pendidikan Guru Penggerak. Saling mengirimkan tugas dan mengomentari pekerjaan sesama teman. Selain itu kami juga belajar untuk memberikan nilai terhadap tugas-tugas CGP. 

Ada satu sesi dimana kami dibekali ilmu fasilitasi dan melakukan praktek fasilitasi dengan sesama anggota sehingga mendapatkan penguatan dan refleksi dari anggota kelompok. Sungguh ini adalah dua minggu yang luar biasa untuk saya. Ilmu yang saya dapat luar biasa. Menerapkannya kepada CGP yang nanti akan saya ampu. 




Post a Comment

Powered by Blogger.